Cari Tahu Siapa Penjiplak Tulisan Blog-mu....!!!

Diposting oleh Mizan 12/14/2009



Blogger yang memiliki idealisme tentu akan menghindari sifat plagiator atau dengan kata lain, menjiplak, atau tukang copas (copy-paste) dari artikel blog orang lain.

Membuat ulang tulisan yang sama persis sebenarnya tidak ada gunanya, apalagi kalau tulisan tersebut berani diklaim tanpa izin. Menjiplak tulisan tidak dapat membuat pagerank situs kita naik, karena yang diutamakan situs portal pencari tentu saja posting-an dari blog aslinya. Ditambah lagi kalau pemilik tulisan yang asli mengetahui bahwa tulisannya telah dijiplak. Artinya si plagiator telah menambah satu orang musuh.. ^^

Agar tulisan jiplakan dapat dikatakan sah, setidaknya sang plagiator perlu mencantumkan sumber asli tulisan yang diterbitkannya. Paling tidak, penulis aslinya tidak akan kecewa. Tapi, kalau dipikir lagi, untuk apa menerbitkan melihat tulisan yang akan kalah pamor dengan tulisan aslinya?

Bagaimanapun juga menjiplak menandakan sifat blogger yang pemalas, tidak kreatif, tidak berkarakter dan yang pasti tidak menghargai karya orang lain.

Bagi para blogger yang ingin memeriksa apakah artikelnya telah dijiplak secara tidak resmi oleh orang lain, mungkin dapat memanfaatkan situs  Copyscape.

Copyscape adalah situs yang dapat memindai (scan) situs web/blog kalian dan mencari tulisan-tulisan yang sama yang dapat diperoleh di situs-situs lain. Dengan begitu, dapat diketahui situs mana saja yang memiliki tulisan sama persis dengan blog kalian.

Cukup masuki halaman utama situs, dan masukkan alamat URL situs web/blog kalian, dan voila...! Kalian akan melihat daftar artikel yang setidaknya memiliki tulisan yang mirip dengan tulisan kalian. Kalau ada situs yang tulisannya benar-benar persis, berarti situs tersebut perlu dicurigai, bukan begitu? ^^

Copyscape juga menyiapkan banner warning seperti ini:


Pasang banner ini di blog kalian sehingga dapat memberi peringatan terlebih dahulu kepada para oknum blogger yang berniat menjiplak tanpa izin. Silahkan cekidot situsnya... ^^


KEMBALI KE ATAS

Kunjungi artikel yang berhubungan:


Mengenai Saya

Foto Saya
Mizan
Mahasiswa rantau yang mendalami kajian Ilmu Jurnalistik, saat ini sedang sibuk dengan kuliah sambil berbagi info di Dumay (Dunia Maya) ^^v. Blog ini beroperasi secara profesional, berisi tentang info2 seputar komputer dan blogging. Semoga blog ini dapat memberi inspirasi dan info tambahan pada pedoman blogging pengunjung semua. ^^ trims..
Lihat profil lengkapku

Pos Terpopuler