Kalian merasa tidak? Judul posting-an kali ini seperti judul buku programming! hehe..! Kenyataannya memang widget kali ini cukup mudah untuk dipasang. Widget ini saya pakai untuk melengkapi tugas blog BoxBerita dari dosen saya yang mengharuskan untuk mencantumkan rekaman suara dalam postingan blog.

Awalnya saya tidak tahu bagaimana cara membuatnya, tapi alhamdulillah ada sobat BloggerTuts yang berbaik hati untuk memberikan tips ini.

Widget ini cukup mudah dipasang dalam blog, bisa diletakkan dimana saja, dalam postingan, atau menjadi widget di sidebar atau bawah postingan. Widget ini merupakan mp3 player ringan, yang hanya mampu menampilkan satu file mp3 saja (cocok untuk menampilkan hasil rekaman suara).

Berikut instruksi pembuatannya:

Masuk pada 'Edit HTML' pada 'Tata Letak Blogger', jangan lupa centang Expand Template Widget. Setelah itu copy dan paste kode berikut tepat di atas kode </head> (gunakan Ctrl+F untuk mencari kode).

<script type="text/javascript" src="http://flash.for.islam.googlepages.com/inlineflashplayercomp.js"></script>
<script style="text/javascript">
    var paramplayerflash=2;
</script>

Perhatikan kode yang berwarna merah! Ada 1-8 jenis bentuk player yang dapat kamu gunakan, semua bentuknya berbeda dan dapat kamu lihat pada contoh di bawah. 

Setelah itu simpan/save, dan selesai. Bagaimana cara memasang mp3 player-nya..?

Cara memasang widgetnya cukup sederhana, cukup membuat kode berikut ke dalam postingan atau widget 'Kode Javascript/HTML' dan bisa diletakkan dimana saja.

<a href="http://dl.getdropbox.com/u/1693834/Files/samplefile.mp3">Sample File</a>

Setiap kamu membuat tautan (link) yang tujuannya ke arah file berekstensi '.mp3' maka javascript akan otomatis mengubahnya menjadi sebuah mp3 player. Cukup ubah alamat URL yang berwarna merah pada kode di atas. Nama link (Sample File) juga bisa diubah sesuka hati.

Script widget ini cukup cepat dalam proses loading, dan bentuk player-nya dapat diubah sampai delapan jenis, berikut contoh-contoh yang dapat kamu pakai:






Flash Audio Player Sampel dari BloggerTuts : Player 1



Flash Audio Player Sampel dari BloggerTuts : Player 2



Flash Audio Player Sampel dari BloggerTuts : Player 3



Flash Audio Player Sampel dari BloggerTuts : Player 4



Flash Audio Player Sampel dari BloggerTuts : Player 5



Flash Audio Player Sampel dari BloggerTuts : Player 6



Flash Audio Player Sampel dari BloggerTuts : Player 7



Flash Audio Player Sampel dari BloggerTuts: Player 8


Keren kan...!?? Kalau begitu silahkan mencoba... ^^



KEMBALI KE ATAS

Kunjungi artikel yang berhubungan:


Mengenai Saya

Foto Saya
Mizan
Mahasiswa rantau yang mendalami kajian Ilmu Jurnalistik, saat ini sedang sibuk dengan kuliah sambil berbagi info di Dumay (Dunia Maya) ^^v. Blog ini beroperasi secara profesional, berisi tentang info2 seputar komputer dan blogging. Semoga blog ini dapat memberi inspirasi dan info tambahan pada pedoman blogging pengunjung semua. ^^ trims..
Lihat profil lengkapku

Pos Terpopuler