Dilema.... Oh dilema...!! Itu yang terjadi beberapa hari yang lalu tepat saat muncul pesan balon "Low Disk Space"  dari system tray PC saya -_- . Ternyata hal tersebut disebabkan karena saya terlalu banyak memelihara beberapa (atau mungkin banyak ^^) video klip musik dengan ukuran file yang lumayan besar. Sehingga dengan sangat terpaksa saya memutuskan untuk meng-convert alias mem-format alias mengompres video-video tersebut agar ukurannya lebih kecil. Ternyata, hal tersebut tidak semudah yang saya bayangkan. Mengubah video HD (High Definition) atau kualitas tinggi menjadi rendah memiliki kendala tersendiri. Entah itu ukurannya kurang kecil, kualitas gambar menjadi jelek, proses convert gagal, dsb.

Solusi Codec Untuk Video-video yang Dipelihara dalam Hard Disk
Akhirnya, setelah beberapa jam mengutak-atik, dan gonta-ganti software pengonvert video, saya berhasil menemukan solusi terbaik, yaitu mengonvert video menjadi format RMVB. Codec yang dikeluarkan Real Network ini berhasil mengubah ukuran video menjadi lebih kecil dari 50% ukuran aslinya dengan kualitas audio visual yang tidak kalah dari video HD.

Tunggu sebentar..!! Apa itu codec?? Ehem... Sebuah video codec adalah sebuah software atau perangkat lunak yang dapat mengompres video dan dekompresi (menjalankan hasil kompresan) untuk video digital. Biasanya codec di-install dalam komputer agar video yang sudah diformat dengan codec tersebut dapat dimainkan. Begitu banyak codec yang dapat di-install seperti DivX, XVid, H.264, dll. Kalau tidak mau repot, kita juga dapat langsung meng-install satu software yang isinya kumpulan codec yang dapat ter-install sekaligus (Seperti K-Lite Codec Pack, yang sudah terkenal di mana-mana ^^)

Cara Convert dan Memainkan video Dengan Codec RMVB
Format RMVB sangat berbeda dengan format lainnya. Codec ini memerlukan software RealPlayer untuk memainkannya. Alternatif lainnya adalah menggunakan Real Alternatif (silahkan klik link-nya untuk men-download ^^), jangan lupa juga untuk meng-install Real Media Splitter (untuk membaca codec [TIDAK PERLU SPLITTER JIKA SUDAH MENG-INSTALL K-LITE CODEC PACK..!!!]). Dengan menginstall kedua software tersebut, file dengan berekstensi .rmvb akan bisa dimainkan di semua player (Kecuali kalau player tersebut memakai codec bawaan sendiri dan tidak terintegrasi dengan codec Microsoft Windows). Catatan: rmvb tidak dapat dimainkan di sistem operasi MAC (entah kenapa...!!?? -_-).

Bagaimana cara mengubah format videonya?? Gunakan software Imtoo MPEG Encoder. Silahkan download software ini agar dapat mengonvert puluhan format jenis video audio (Pastinya terdapat pilihan RMVB ^^). Proses mengonvertnya sendiri terhitung sangat cepat, prosesnya hanya memakan waktu selama 50%-80% dari durasi asli videonya. Catatan: Saya mohon maaf pada pihak Imtoo, karena software yang ini merupakan hasil bajakan -_- ini hanya sekadar berbagi kebahagiaan, tidak ada maksud mencari keuntungan atau merugikan pihak lain.

Pada setting-an aplikasi Imtoo di sebelah kanan, gunakan pilihan kualitas video pada normal atau higher (hasilnya sudah cukup memuaskan). Jangan lupa untuk mengecilkan ukuran video. Untuk versi layar lebar gunakan resolusi 480x272, dan ukuran kotak, gunakan ukuran 640x480 (hasilnya juga cukup memuaskan ^^). Apabila hasil yang didapat masih kurang memuaskan, setting-an tersebut juga dapat diubah sesuai kehendak. Polanya seperti ini, semakin hitam/gelap warna dan cahaya video klip/film, maka ukuran video akan semakin kecil, tentunya tetap dengan kualitas gambar bagus. Begitu juga sebaliknya, jika warna/cahaya video semakin cerah, maka semakin besar ukurannya. Jadi jangan heran dengan ukuran yang berbeda pada tiap video yang sama durasinya.

Mantaff kan...!!!?? ^^
Untuk download Imtoo MPEG Encoder Ultimate 5, silahkan klik di sini.
Untuk download Real Alternatif 1.90, silahkan klik di sini.
Untuk download Real Media Splitter (tidak perlu jika sudah meng-install K-Lite Codec Pack), silahkan klik di sini.

KEMBALI KE ATAS

Kunjungi artikel yang berhubungan:


Mengenai Saya

Foto Saya
Mizan
Mahasiswa rantau yang mendalami kajian Ilmu Jurnalistik, saat ini sedang sibuk dengan kuliah sambil berbagi info di Dumay (Dunia Maya) ^^v. Blog ini beroperasi secara profesional, berisi tentang info2 seputar komputer dan blogging. Semoga blog ini dapat memberi inspirasi dan info tambahan pada pedoman blogging pengunjung semua. ^^ trims..
Lihat profil lengkapku

Pos Terpopuler